Ingin Memulai Investasi? Ketahui Jenis Investasi yang Bisa Dijadikan Pilihan!

Belakangan ini, bisa dikatakan investasi menjadi sebuah trend terutama di kalangan anak muda. Ya, adanya banyak jenis-jenis investasi serta gambaran keuntungan yang didapatkan dengan lebih mudah, membuat banyak kalangan yang akhirnya terjun ke dunia ini. Tentu saja, tujuan utamanya adalah mendapatkan keuntungan serta mengamankan aset.



Adanya beragam jenis investasi secara tidak langsung memang akan memberikan kemudahan untuk memilih mana jenis investasi yang cocok, terlebih jika Anda belum memiliki pengetahuan yang mendalam. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang ragam jenis investasi yang bisa dijadikan pilihan untuk mencoba dunia baru dan mendapatkan keuntungan.

Apa saja jenis investasi yang dimaksud tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

Ragam Jenis Investasi yang Bisa Dijadikan Opsi

Investasi, dalam pengertian singkat, merupakan kegiatan penanaman modal yang dilakukan baik dengan berupa uang atau aset berharga ke dalam suatu lembaga, beda, atau pihak dengan harapan nantinya akan mendapatkan keuntungan dalam waktu tertentu.

Bisa dikatakan jika investasi adalah salah satu opsi yang tepat dalam pengelolaan aset. Tentu, dengan keuntungan yang didapatkan, aset yang dimiliki pun nantinya juga akan berkembang.

Nah, ada beberapa jenis investasi yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk memilih. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1)      Reksa dana

Bisa dikatakan jika reksa dana adalah salah satu investasi yang cukup populer di Indonesia. Instrumen investasi ini paling cocok untuk para pemula yang ingin terjun ke dunia investasi dan menghindari risiko yang cenderung tinggi dengan tetap mendapatkan keuntungan.

Cukup banyak perusahaan yang menawarkan investasi reksa dana mulai dari puluhan ribu saja. Selain itu, Anda pun nantinya tidak perlu memantau investasi tersebut setiap saat karena dana yang disetorkan akan dikelola oleh manajer investasi yang sudah memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan.

2)      Saham

Ketika membahas investasi, maka gambaran umum yang muncul adalah saham. Memang, saham menjadi salah satu ide instrumen investasi yang sangat populer dan banyak dipilih. Hal ini dikarenakan saham memberikan potensi keuntungan yang cukup besar bahkan beberapa kali lipat dari modal awal yang digunakan.

Namun, investasi saham tentu tidak hanya perkara membeli dan menjual saham saja. Dalam instrumen investasi ini diperlukan pemahaman tentang strategi pengelolaan untuk meminimalkan risiko dan juga memaksimalkan keuntungan yang bisa didapatkan.

3)      Emas

Emas serta logam mulia juga termasuk salah satu ide investasi yang cukup populer dan sudah banyak dipilih sejak dulu kala. Hal ini cukup beralasan karena emas dan logam mulia memiliki nilai intrinsik yang tinggi sehingga harga emas senantiasa stabil dan cenderung naik.

Nah, emas dan logam mulia sangat cocok dipilih untuk Anda yang ingin melakukan investasi jangka panjang. Selain itu, instrumen investasi ini sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya tinggal membeli emas atau logam mulia dan kemudian menyimpannya di tempat yang aman. Nantinya, Anda bisa menjualnya beberapa tahun kemudian untuk mendapatkan keuntungan.

4)      Deposito

Jenis investasi yang juga bisa dijadikan opsi adalah deposito. Bisa dikatakan bahwa deposito termasuk salah satu instrumen investasi dengan risiko yang rendah dan juga cocok untuk pada investor pemula yang meniti karier du dunia investasi.

Secara singkat, deposito mirip dengan tabungan. Namun, dengan memiliki deposito, nantinya investor akan mendapatkan keuntungan dari bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasa. Selain itu, deposito juga memiliki jangka waktu tertentu di mana Anda tidak boleh mengambil dana tersebut.

Memang, keuntungan dari instrumen investasi ini tidak sebesar saham atau bahkan emas. Namun, deposito adalah investasi yang cenderung lebih aman, tahan inflasi serta mendapatkan jaminan dari pihak bank.

Nah, beberapa opsi di atas adalah ragam jenis investasi yang tersedia dan bisa Anda jadikan pertimbangan. Sebagai tambahan, Anda juga perlu mengetahui tentang investasi peer to peer lending.

Ya, peer to peer lending adalah ide investasi yang cukup menarik. Dalam instrumen investasi ini, Anda bisa berperan menjadi kreditur yang akan memberikan pinjaman kepada pihak yang membutuhkan. Nantinya, Anda akan mendapatkan keuntungan dari selisih pengembalian. Tertarik untuk mencobanya?

Deskripsi: jenis-jenis investasi bisa dikatakan sangat beragam. Tentu, Anda bisa memilih mana ide investasi yang tepat untuk dijalankan dengan keuntungan yang maksimal. 

Posting Komentar

0 Komentar